Kekurangan desain Jupiter MX dari generasi pertama sampe ketiga (mx king)

Kelahiran Jupiter mx king 150 dipastikan gak akan lama lagi. Nggak hanya foto-foto dari negara tetangga, sekarang spyshoot di negeri sendiri juga udah mulai bertebaran. Si MX King ini secara garis desain masih sama seperti pendahulunya, tapi jelas aura laki lebih terpancar dari generasi terbaru ini. Liat aja, ban gambot, stoplamp ala R25, fender belakang gantung layaknya moge, terus lampu sein belakang juga terpisah layaknya motor batangan, speedometer pun udah dibekali rpm indicator. Daaan, tentunya kubikasi mesin yang meningkat dari 135cc ke 150cc. Secara desain udah keren banget deh kalo gue bilang, cuma kurang ayago aja (teteeeep, gue kurang puas kalo masih bebek 😀 ).

Yamaha Exciter 150 / Yamaha Jupiter MX King 150

Yamaha Exciter 150 / Yamaha Jupiter MX King 150

Sebagai mantan pemilik MX generasi pertama, ada 2 hal yang menurut gue merupakan kekurangan dari si bebek super ini. Kekurangan itu ada dari generasi pertama sampai si MX King ini. Apakah itu? Cekidot guys..

Jupiter MX generasi ketiga / MX King

Jupiter MX generasi ketiga / MX King

Jupiter MX generasi kedua

Jupiter MX generasi kedua

Jupiter MX generasi pertama

Jupiter MX generasi pertama

Nah dari gambar-gambar tersebut, dua hal yang menjadi perhatian gue adalah sambungan swing arm ke rangka, dan knalpot..

1. Sambungan swing arm ke rangka

Liat yang gue kasih kotak merah. Yap, keliatan jelek kan sambungan antara swing arm ke rangka yang terbuka gitu? Emang sih MX ini rangkanya dipeluk swing arm, jadi swing arm berada lebih luar dari rangkanya. Seperti yang telah disampaikan wak haji Taufik disini. Beda dibanding FU dimana rangka memeluk swing arm sehingga akan terlihat lebih rapi.

Suzuki Satria FU 150

Suzuki Satria FU 150

Tapi apa itu sepenuhnya bisa jadi alasan? Coba kita tengok si MX ini dari sisi lain..

exciter150-fi-launching24 new-jupiter-mx-2 Spark

Naah, sebenernya bisa kan ditutupi kaya di bagian body sebelahnya? Kalo kaya gini kan lebih rapi dan lebih enak diliat. Ya ngga guys?

2. Knalpot

Selain poin nomor 1 tadi, gue juga ngga sreg sama model knalpotnya, di semua generasi MX. Kesan yang gue liat “masih bebek banget”. Akan lebih oke bila si bebek super ini ikut mengubah desain knalpotnya. Mungkin bisa dengan mengadopsi desain knalpot R25 misalnya..

Conclusion

Tulisan ini murni curhatan gue doang, ngga ada maksud apa-apa, apalagi sampai black campaign.. Gue hanya berharap semoga aja ada tim R&D Yamaha yang baca tulisan ini dan dijadiin bahan masukan untuk generasi keempat. Harapan gue sih , selain diubah menjadi ayago (teteeeep), dua poin yang gue sampaikan diatas diperbaiki di generasi berikutnya, MX generasi 4 (kalo adaaaa).. Tutup sambungan swing arm ke rangka, dan ganti knalpot yang desainnya lebih racy.. Hehehe..

Sumber foto:

http://fncounter.com/2012/01/11/putih-meriahkan-varian-warna-new-jupiter-mx-2012/

http://www.motorbikespecs.net/index.dyn?flag=2&model_id=5836728&make=Yamaha

http://ringpiston.com/2014/12/18/galeri-foto-lengkap-yamaha-exciter-150-fi-calon-yamaha-jupiter-mx-king-150/

http://tmcblog.com/2014/12/19/intip-jeroan-calon-yamaha-jupiter-mx-king-150/

http://www.yamaha-motor.co.id/index.php?id=230

Advertisements

5 thoughts on “Kekurangan desain Jupiter MX dari generasi pertama sampe ketiga (mx king)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s