Review 100 KM Bersama Satria FU FI

Setelah diincar, ditangkap dan dikandangin sejak tanggal 8 Maret 2016, akhirnya gue telah melewati 100 km bersama si ayam jago idola para gadis SMA ini, 😀 😀 … Hari ini tepat 2 minggu motor alay ini resmi jadi milik gue, tapi jarak tempuhnya masih dikit banget.. Yaaah, maklum karena kesibukan bro,, weekday gue tugas ke luar kota terus sampai pertengahan april nanti (kalau tugas lain belum menyusul). Jadi waktu gue untuk mengendarai si FUFI ini cuma weekend, itu pun kalau gak ujan. Nah, beberapa minggu terakhir ini Padang rajin diguyur hujan. Jadi deh gue jarang betot gas si FUFI..

IMG-20160322-WA0013.jpg
speedometer satria f150 injeksi

Oke deh, selama seminggu ngendarain si FUFI sampai 100 km, tentunya udah ada impresi yang didapat dong.. Jadi, apa aja impresinya? Cekidot guys..

Desain

Gue ucapkan “good job” kepada desainer Suzuki yang udah bikin desain yang begitu memukau dan kekinian. Satria F adalah cinta pertama gue, desainnya long lasting. Liat aja, umurnya udah 10 tahun tapi masih terlihat modern, ya walau beberapa kali ada minor facelift. Sebagai penerus, ternyata Suzuki mampu menghadirkan FU FI dengan desain yang lebih fresh dan kekinian. Desainnya tetap dinamis dengan sedikit tajam di beberapa bagian.

IMG_20160308_181341
Satria FU FI tampak samping kanan

Secara keseluruhan gue suka banget desainnya, terutama shroudnya dan headlampnya. Selain itu, dilihat dari samping bodynya terlihat sedikit lebih kekar dibanding Satria karbu. Spion juga lebih kece dibanding yang lama.

Tapi ada satu yang gue gak suka, STOPLAMP!! Njiirr,, ikut-ikutan failed kaya Sonic nih.. Tapi enggak sejelek Sonic sih ngoahaha.. Tapi jangan dibandingin sama MX King please, kebanting -____-. Sebenernya ada satu lagi sih yang gue gak suka, speedometer!! Tapi bukan karena desain, tapi karena gue lebih suka perpaduan analog+digital kaya FU lama, bukan full digital begini. Gak enak mantau takometer digital gini bro. Terus terus, ada yang satu lagi yang gue sesalkan, kenapa bannya masih imut ya? Naikin 1 tingkat kek -__-..

Mesin

Dari sisi mesin, Suzuki mengklaim telah membenamkan tenaga on crank sebesar 18,23 HP pada 10.000 rpm dan torsi 13.8 Nm pada 8.500 rpm.. Beberapa pihak telah melakukan test dyno untuk menguji power dan torsi realnya ketika sudah sampai roda belakang (wheel horse power), kemudian dibandingkan dengan kompetitor seperti Honda Sonic dan Yamaha MX King. Beberapa test terlihat wajar karena hasilnya di atas kompetitor (sesuai dengan spesifikasi yang diklaim pabrikan), namun ada juga yang menimbulkan kontra luar biasa di kalangan pecinta sepeda motor tanah air. Terlepas dari hasil dyno, kondisi di lapangan sejauh ini selalu membuktikan keunggulan Satria FU FI. Malah di salah satu race kelas motor standar 150cc di Jatim, motor lain ngambek gak mau race setelah tahu Satria F150 FI ikutan tampil. Takut ditampol bolak-balik wkwkwk..

Nah sekarang menurut impresi gue, seperti apa sih? Sesuai dengan instruksi teknisi Suzuki untuk tidak membawa motor ini di atas 60kmh selama masa inreyen, so gue juga selama ini cuma bawa santai (walau beberapa kali geber sedikit di atas ambang batas, wkwk). Sejauh yang gue rasakan, tenaga dan torsi si FUFI nampol bener. Motor paling powerful di kelas 150cc yang pernah gue rasakan. Sebelumnya gue pernah nyobain CBR Thai, NVL, dan Satria lawas. Tapi ada satu hal yang gue gak suka dari mesinnya, motor ini susah dibawa santai bro. Kalau dibawa pelan kurang dari 50kmh suka loncat-loncat pengen dibetot. Apalagi kalau jalanan menurun, beuuuuh. Padahal gas udah gue panteng di rpm tertentu. Buat gue sih ini mengganggu, tapi ntah buat pecinta kecepatan mungkin malah enjoy kali ya hehe.

Suspensi

Sepanjang yang gue rasain, suspensi belakang empuk. Kena lobang masih nyaman, dibawa boncengan masih nyaman. Nah suspensi depan nih bermasalah. Secara fungsi sih masih empuk juga sebenernya, tapi ada bunyi “jeduk” atau “cetok” atau gimanalah kalau lewat jalan yang gak rata. Yang pasti bener-bener bikin gak nyaman di kuping dan bikin waswas aja. Gue share masalah ini di grup FB FUFI ternyata yang lain juga ngalamin hal yang yang sama. Gue udah ngontak dealer dan motor gue suruh dibawa ke dealer. Semoga segera tertangani dengan baik.

IMG-20160322-WA0014.jpg
Satria F Injeksi tampak depan

Pengereman

Pengereman pakem, mumpuni. Mungkin berkat rem bikinan anak perusahaan brembo, BYBRE. Tapi kalau gue rasain lebih mendalam, kok rasa-rasanya masih lebih pakem Jupiter MX gen pertama gue tahun 2005 ya? Ntah lah, cuma feeling gue aja mungkin.

Ternyata Part Brembo Di Next Suzuki Satria FU 150 FI Bukan Isapan jempol Belaka

http://www.laskar-suzuki.com/2015/10/kupas-tuntas-bagian-rem-dan.html

Lain-lain

Fitur favorit gue dari si FUFI ini tak lain tak bukan adalah BAGASI. Untuk motor seramping ini, Suzuki masih membenamkan bagasi. Tapi kecil banget ya, buat jas hujan gak muat nih kayanya. Palingan gue pake buat naro hp sama dompet doang kalau jarak deket. Oya, bagasinya juga suka panas bro kalau mesin udah panas. Sebaiknya hp jangan ditaruh disini deh kalau mau pakai motor dalam waktu yang lama / jarak yang jauh. Ke depannya mungkin Suzuki perlu kasih alumunium foil buat meminimalisir panas, seperti yang udah dibenamkan di sekitar mesin.

Radiatornya gede bener bro. Mungkin ini juga yang bikin motor jadi keliatan lebih gambot dibanding FU lawas. Secara fungsi dapet, secara tampilan juga dapet.

Dari FU karbu sampai injeksi ini, gue demen suara knalpotnya, padet. Kalau handling sejauh ini gue ngerasa nyaman-nyaman aja sih kalau dipake santai dan normal. Ntar deh gue bahas lagi kalau udah gue bawa kebut dan nggak normal, wkwkwk..

Kesimpulan gue sampai 100 km pertama:

Yang gue demen:

+ overall , desain lebih kece dibanding Satria Karbu dan ayam jago sebelah

+ mesin powerful, bener2 kerasa lebih nendang powernya dibanding 150cc lain yang pernah gue coba (CBR, Vixion, FU lawas)

+ suspensi nyaman

+ rem pakem

+ suaranya gue demen, padet

+ bagasi sangat membantu

Yang gue gak demen:

– sok depan “jeduk” kalau lewat jalan gak rata

– barang di bagasi ikutan panas kalau mesin panas

– gak bisa dibawa santai -____-, nyundul2 terus pengen dibawa ngebut haha

– lampu belakang jeleeek (ganti punya mx king bisa gak ya?)

IMG-20160322-WA0015.jpg
satria FU FI

Lain lubuk lain ikannya. Lain yang ngetes, bisa lain juga hasilnya.. Nah kalau menurut lu gimana bro Satria FU FI ini??

30 thoughts on “Review 100 KM Bersama Satria FU FI

  1. rusdy

    alhamdulillah ya, choi.
    aku pengen keren kaya kak Barabutt.
    jadi pengen punya motor..
    belum punya motor nih, kak..
    klik like, katakan aamiin, dan ketik angka 8 lihat apa yang akan terjadi

    Like

    1. barrabaa

      aamiin, 8, wooow aku terkejut :V

      Kak Rusdy ini kalau mau sebenernya bisa langsung beli moge, orang beli rumah aja cash, beli mobil juga cash.. EDAN!!

      Like

    1. barrabaa

      dih banyak bener ngasih racunnya, duitnya belom ada brooo hahaha.. Gue lebih demen stoplamp mx king dibanding z125. coolant boleh juga nih pake yang lain.. Kalau ban ntar dulu lah nunggu gundul baru ganti haha..

      Like

  2. Pingback: Konsumsi BBM Satria F150 FI | travelmotoblog

    1. barrabaa

      banyak yang tutup kalau dealer2 kecil gan,, kalau dealer2 besar biasanya masih “kuat” kok,, tapi ntar coba gue tanyakan ya nasib ke depannya..

      Like

  3. Pingback: The Beginning | Review Suzuki All New Satria F150 FI Setelah 1 Tahun Pemakaian | CuapRider

  4. Pingback: Pengeremen, Knalpot, Radiator | Review Suzuki All New Satria F150 FI Setelah 1 Tahun Pemakaian | CuapRider

  5. Pingback: Konsumsi BBM Satria F150 FI | CuapRider

Leave a comment