Setelah membongkar kekurangan utama si Satria FU Injeksi, yaitu shokbreaker depan yang sering bunyi “ceklog” setiap kali melewati jalanan gak rata, kini saatnya gue beberkan fakta berikutnya terkait kelemahan yang menurut gue juga signifikan. Malah sangat signifikan karena sampai sekarang belum ada yang share solusinya. Apa itu??? Ni motor karakternya beringas,, susah banget kalau mau diajak pelan buat menikmati perjalanan santai. Masa iya mau ngebut terus? Gak kaaaan? Emangnya gue pembalap??
Baca juga : Kekurangan Satria FUFI (1): Shock Depan Bunyi “Ceklog”.. Tenang Ada Solusi..
Sejak merawanin si FUFI, gue udah ngerasain ketidaknyamanan di sisi ini.. Ini motor tenaga dan torsinya terlalu meledak-ledak.. Oke lah ini motor powernya 18,2HP dan torsinya 13,8 Nm, mungkin paling powerful di kelasnya, bahkan bila dibandingkan motor batangan dengan kapasitas mesin yang sama. Tapi menurut gue power dan torsi meledak-ledak di kecepatan rendah malah berbahaya. Kenapa? Ya karena selalu nyundul-nyundul minta dibetot lebih kenceng,, kalau remaja yang baru tahu nikmatnya naik motor bisa berabe nih kalau sampai gak bisa ngendaliin emosi,, gak bisa menahan diri dari nikmatnya berkendara di kecepatan tinggi dimana maut menunggu, namanya masih remaja, masih labil.. Gue pun terkadang terpancing untuk selalu menambah rpm, memelintir gas lebih dalam, meliuk-liuk di jalanan, take over 1 motor 2 motor, semuanyaaa… Soalnya kalau dibawa pelan kurang nyaman bro, masa iya harus main kopling terus? cepet aus lah ntar…
Ah itu mah lu aja yang amatir bawa motor kopling kalii??? Oke,, motor gue sebelumnya 2 kali pake matic dan satu lagi jupiter mx kopling otomatis (pernah dimodif pake kopling sebentar sebelum jatuh guling-guling di aspal).. Tapi bukan berarti gue gak pernah ngerasain motor kopling lain brooo… Gue pernah nyoba bawa CBR 150 Thai punya temen, malah gue pulang dan gue bawa macet-macetan di jalanan Jakarta, pernah pinjem NVA keliling komplek perumahan, otomatis kecepatan rendah terus, CS1 pernah, Satria F karbu CBU dan euro 2 udah juga, MX kopling manual udah, megiprok juga, dan RX King.. Dari semuanya itu gak ada tuh yang hobi nyundul-nyundul gak pada tempatnya macam si FUFI ini.. Padahal beberapa punya torsi yang lebih tinggi dibanding FUFI.. Macam insiden Zidane X Materrazi aja nih, nyundul gak pada tempatnya mamen…
Gue coba share di grup FB Satria F150 Injeksi terkait hal yang kurang nyaman ini, dan ternyata banyak yang mengaminkan.. Emang banyak juga yang mengeluh kalau motor ini susah diajak pelan, sukanya nyundul-nyundul minta ngebut.. Padahal kan gak semua pemilik FUFI pecinta kecepatan, apalagi yang udah mulai menua kayak gue ini hahaha,, dan gak semua tempat juga bisa dipake untuk ngebut.. Mau kebut-kebutan mah di sirkuit aja sono..
Awalnya gue berpikir, setelah melalui ratusan kilometer mungkin bakalan mereda nih gejala nyundul-nyundul ini, eeeeh taunya tetep ajeeeee… Okelah kalau gini mah ntar pas servis pertama bakal gue sampaikan keluhan gue ini ke kang Asep, mekanik di Suzuki Pondok Padang. Siapa tahu kan bisa disetting biar lebih smooth power deliverynya, tanpa mengurangi performa maksimal si motor.. Gue juga berharap keluhan gue ini nantinya sampai ke telinga para petinggi Suzuki, dan bisa jadi evaluasi untuk perbaikan di produksi FUFI berikutnya. Gak mau kaaan Suzuki pangsa pasarnya semakin tergerus Sonic??
Saran gue sih untuk para pemilik Satria F150 Injeksi aka Satria FUFI, hati-hati dengan tenaga beringas dan meledak-ledaknya si FUFI, bisa jadi candu yang berbahaya kalau lu gak bisa menahan diri dari nikmatnya membetot gas motor powerfull ini.. Sabar ya bro di jalan, jangan sruntulan…
jdi ngidam fufi juga ckck
LikeLike
beli gan,,, 😀
LikeLike
Satria fi bener bro gua suka kenceng klo pkrk fu fi ni kmaren gua abis tabrakan.. Nyesel gua sob..
LikeLike
semoga lekas sembuh sob.. jangan kencang-kencang sob lain kali.. selow aja banya
LikeLike
turunin gear belakang kang, 2 mata aja udah cukup, tp mesti siap2 gantung gas kalo d tanjakan… power delivery lebih smooth, top speed nambah, tp tanjakan agak loyo… atau minta mekanik suzuki nurunin setingan co injeksinya, bikin irit aja… tp yaa gitu kang… masih nyundul2 juga kali…
LikeLike
ribet broo,, gue lebih seneng standaran aja haha.. kita liat apa yg nanti dilakukan mekanik suzuki..
LikeLike
Akhirnya ada yg review ini, kira2 mslah ini bsa di atasi gak ya? Pgn beli tp sayang bkn speedfreak. Ckup mengganggu jg apalagi di kemacetan.
LikeLike
bisa diatasi atau nggak , belum tau gan.. rencana 3 hari lagi ke dealer buat servis pertama,,, sekalian mau nyampein semua keluhan, salah satunya berkaitan dg artikel ini…saya juga merasa terganggu dg hal ini…
LikeLike
Iya gan bgus itu..keluarin semua plus minusnya. Jrg blog yg reviewnya lengkap.
LikeLike
sip gan,, pokoknya apa yang gue rasain bakal gue curahkan di blog,, hehe
LikeLike
Pingback: Kelebihan Satria FUFI (2): Performa Jempolan, Torsi Layaknya SOHC Overstroke, Power Layaknya Real DOHC.. | travelmotoblog
sepertinya bakalan pusing tuh mang asep, 😀
susah bro kalo emang settingan standar udah gitu
LikeLike
iya gan,, gak bisa ternyata -___-
LikeLike
kalo nggak mau ngutak atik setingan mesin, bisa dicoba pake oli yg sedikit lebih kental dan tetap masih dalam spesifikasi standar pabrikan. yg recommended dg harga terjangkau:
– Total Hi-Perf 4T 10W-50
– Federal Supreme 20W-50
– Shell AX-5 15W-40
– Motul 3100 15W-50
cmiiw.
LikeLike
thanks infonya bro,, next time dicoba :beer:
LikeLike
Halo Gan ane juga pengguna satria Fufi ini pembelian april 2016, shock absorber depan udah ane klaim, jadi ngga bunyi2 lagi, untuk masalah nyundul2, itu karena gas tertahan di rpm 2000, coba deh agan pelintir gas tahan di rpm 2000 pasti berasa aneh, kayak ketahan. Solusinya maen rpm diatas 3000. Oiya motor saya standar aja, cuma oli motul 4t h-tech100 10w-40 dan bensin shell vpower.
LikeLike
ba
LikeLike
Numpang pngalaman:
Yoi bro nyundul,minta di betott mulu T.T galak nih motor , n gue pernah crash waktu mudik lebaran kmaren,alhamdulillah motor ga ada krusakan fatal saya pun juga sehat walafiat. Cuman oleh” nya batok kepala si FUFI anekalo gas rada gede bunyi “trrrrrrrrtt”, getar gitu, wkwkwk setelah ane copot kpalanya trnyata batok pas diatas cover lampu led (plastik bening) heh ga tau namanya apaann… ada skrup cuman moncong ke bawah ga ada cuma pngunci dari batook nya.. nah solusinya tinggal sumpel tuh pngunci pake busa ..ilang deh bunyi anehhhhh wkwk pesen ane kalo mo nyoot spakbor blakang mnding jangan dah wkwk soale wagu dang dut wkwwk #sorrygaje
LikeLike
Wah lain kali lbh hati2 gan bawa fufinya.. hrs bisa tahan emosi emang bawa fufi ini haha
LikeLike
Mungkin setelan valvenya memang dibuat untuk rpm tinggi.
atau barangkali mau coba pro capacitor. Kalau di CB bisa buat rpm rendah jadi lebih enak. Dijalankan tanpa di gas nggak nyendal nyendal
https://kupasmotor.wordpress.com/2016/06/14/cara-penggunaan-pro-capacitor/
LikeLike
kalau sekarang2 nggak terlalu keganggu sih.. udah jarang juga jalan selambat itu..
LikeLiked by 1 person
ok. memang cirinya 4 valve ya.
LikeLike
Pingback: The Beginning | Review Suzuki All New Satria F150 FI Setelah 1 Tahun Pemakaian | CuapRider
2 2nya betul banget tuh pas pertama kali saya pake saya kira wajarlah karna masih baru tenaga masih ok eh pas udah kesini” sama aja mungkin karna gigi rasionya pada gede ..skarang agak nyesel juga sih beli mtor ini jok sama step depan nyapun gak nyaman kalau lgi mau tutun kaki
LikeLike
ganti aja gan kalau gk cocok.. mungkin butuh sportbike 😀
LikeLike
Bnet bnget
LikeLike
Pingback: Performa Mesin dan Konsumsi BBM, Masih Gahar dan Masih Irit-kah?? | Review Suzuki All New Satria F150 FI Setelah 1 Tahun Pemakaian | CuapRider
mau beli bekas aja deh susah banget
Kalau baru kayaknya gk cup uangnya
Kira2 bekasnya berapa ya kang….
LikeLike
semangat gan.. bekasnya di bawah 20,, kalau beruntung dapet yg 15an..
LikeLike
Tpi keliatan ttp oke ya
LikeLike
Jangan beli satria fu boyy kalo takut nyundul2…. itulah salah satu daya tarik paling kuat dari satria fu. Ya bringasan itu lah…
LikeLike
Betul banget bro, soalnya gue juga ngeluh saat jalan pelan nih motor merontah rontah wkwk
Baru satu lagi kekurangan tempat duduk boncengan tipis amat cuyy, satu dua jam bisa masak telor tuh pantat yg dibonceng, sakkin panasnya
LikeLike
Pingback: Kelebihan Satria FUFI (2): Performa Jempolan, Torsi Layaknya SOHC Overstroke, Power Layaknya Real DOHC.. | CuapRider
Halo gan ane pengguna satria or anggap saja satria lovers karna dr smnjak th 2005 hingga sekarang dari mesin karbu hingga injeksi ..
Kalo mengeluh its okelah ,tapi harus tetap di ingat ,karna seperti ada pepatah mengatakan no body perfect ..itu berlaku ke semuanya ,apalagi buatan manusia ..hal wajar ,semua motor kendaraan apapun bahkan benda elektronik dll ,semua pasti ada kekurangan dan kelebihannya bukan dari manusia aja.
Terima kasih sebelumnya .salam satu aspal
LikeLike