Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Xabre Menurut Owner

Udah sekitar satu bulan si Xabre udah dikandangin di rumah. Si pemilik (adek gue aka Gary) udah wara wiri nampang di jalanan pake motor barunya.. Gue? gue belom nyobain bro, soalnya gue di Padang, doi di Brebes.. Ya walau sempet nyobain sedikit rasa naik Xabre temen di Padang sih. Yang bisa gue simpulkan dari pengalaman gue hanya riding position yang emang nyaman bener. Sedangkan performa dan lain-lain gak bisa gue rasakan. Test ride nya di komplek, gimana mau total, huvvvttt.

1482250189914

Sebenernya pengen banget gue mencoba langsung dan “menyiksa” secara komprehensif motor futuristik nan fenomenal ini. Tapi karena gak memungkinkan, maka gue pun meminta tolong Gary untuk menginfokan ke gue perihal kelebihan maupun kekurangan yang dirasakan dari motor yang awalnya digembor-gemborkan akan hadir sebagai pelengkap line-up MT Series ini.

Gue meminta Gary untuk menyampaikan sejujur-jujurnya tanpa ada yang ditutupi perihal si M-Slaz aka Xabre ini. Lalu gimana menurut doi? Nah ini dia nih..

Kekurangan

Terkait kekurangan motor ini, Gary menuturkan bahwa 4 hal, yaitu:

  1. Jok terlalu keras (bikin asam urat kata dia :V )
  2. Kalau jalanan becek, kotoran dari ban belakang nyiprat ke baju bagian belakang
  3. Motor cepet kotor (Ini yang gue bingung, emangnya motor yang gak cepet kotor motor apa ya? ๐Ÿ˜€ )
  4. Jok bagian depan terlalu pendek, bikin biji pegel kalau kena tangki (wkwkwk koplak)

Kelebihan:

Terkait kelebihan, doi menuturkan selain kekurangan yang disebutkan di atas, lainnya merupakan kelebihan motor ini. Gue minta yang lebih spesifik terkait desain, performa, kenyamanan, dll. Tapi doi cuma jawab singkat:

  1. Suara mesin tidak berisik
  2. Handling saat di tikungan stabil

Tapi, gue yakin terkait desain, Gary juga memperhitungkan itu sebagai kelebihan motor ini. Buktinya, dia lebih milih ini dibandingkan NVA, CB150R, R15, CBR150R, GSX-150S, GSX-150R, Sonic, MX King, dan Satria.

Nah sedangkan terkait performa mesin, sepertinya doi gak terlalu mempermasalahkan. Doi bodo amat masalah DOHC SOHC, menurut doi itu kagak penting. Ini seperti keyakinan gue juga kalau faktor mesin DOHC atau SOHC cuma dipermasalahkan oleh orang-orang yang demen nongkrong di blog-blog otomotif. Sedangkan orang yang gak terlalu peduli otomotif mah sebenernya bodo amat.

Padahal gue udah mati-matian jelasin tentang karakter mesin SOHC dan DOHC, muntahan power yang dihasilkan oleh masing-masing motor, dan lain sebagainya, tapi doi gak menanggapi dengan serius. Intinya, “bodo amat mesinnya SOHC atau DOHC, berapa power dan torsinya, yang penting gue demen sama motor ini”.

Selain itu, faktor motor sebelumnya dimana di rumah sebelumnya gak ada motor batangan, hanya ada Vario 125, Xeon, Scoopy, Supra X 100c, dan Jupiter MX modif trabas. Jadi masalah performa Xabre, doi gak ada komplen.

Nah itulah kekurangan dan kelebihan Yamaha Xabre menurut adek gue. Dalam mereviu motor emang harus dilihat juga motor apa yang biasa dikendarai sebelumnya. Itu yang bikin kesimpulan dari masing-masing orang berbeda.

Kalau menurut lu, Xabre gimana bro?

19 thoughts on “Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Xabre Menurut Owner

  1. โ€œbodo amat mesinnya SOHC atau DOHC, berapa power dan torsinya, yang penting gue demen sama motor iniโ€.

    gary emang rider cerdas, yg ribut dohc sm sohc sales doang

    ha..ha..ha..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s