Autopedia: Kawasaki Ninja 250

Berbicara tentang “Ninja” dalam ranah sepeda motor, semua orang pasti akan menaruh hormat akan kebesarannya. Begitu mengakarnya nama ninja di masyarakat Indonesia, sehingga apapun motornya, kalau berfairing banyak yang menyebutnya sebagai “Ninja”. Ada 3 poin kedigdayaan Ninja, yaitu nama besar, desain menawan, dan mesin kencang. Siapa yang tak suka Ninja?

Di artikel kali ini, gue akan membahas tentang klan Kawasaki Ninja 250 (R dan FI) di pasaran Indonesia. Lalu Ninja 250 SL? atau Ninja ZX25R??? Itu lain waktu..

Ninja 250 R (Ninja Karbu)

Setelah lama bermain di kelas 150cc 2 tak, akhirnya Kawasaki merilis generasi Ninja 4 tak dengan kubikasi mesin 250cc (Iya, sebelumnya kawasaki juga punya Ninja 250cc 4 tak dengan 4 silinder, tapi di bahasan kali ini kita bahas ninja yang “umum” dulu aja). Kehadiran Ninja 250 R bermesin 2 silinder ini bukan untuk menggantikan Ninja 150 2 tak, namun sebagai partner dalam memperkuat market share kawasaki di pasar nasional. Ninja 150 R dan 150 RR juga tetap dijual sampai beberapa tahun ke depan setelahnya.

Kawasaki_Ninja_250_R_4043_13.jpg
Kawasaki Ninja 250 R / Ninja Karbu (motorcycles.wikia)

Ninja 250 R termasuk salah satu motor yang fenomenal. Di saat pabrikan lain masih menghadirkan model-model yang soo last year, Ninja 250 R hadir dengan desain yang benar-benar fresh dan berukuran besar layaknya moge. Siapa yang tak terpana akan kedatangannya pertama kali??? Moge look iya, kenceng iya, suara 2 silindernya kece, detailnya ciamik, Ninja pula brandnya.. Kegantengan meningkat 300% kalau punya motor ini.

Eksistensi Ninja 250 R sempat ditantang oleh Honda CBR 250 R, tapi ternyata kehadiran CBR bukanlah hambatan berarti, let alone motor-motor cina kompetitor.

Ninja 250 R tetap terganteng dan tergahar. Mesin DOHC 2 silinder 250cc nya mampu menyemburkan power puncak sebesar 30 PS @11.000 rpm dan torsi puncak 21,7 Nm @10.000 rpm. Body gambotnya diimbangi dengan ban gambot berukuran 110/70-17 untuk depan dan 130/70-17 untuk belakang. Power besar tentu membutuhkan komponen pengereman yang mumpuni, sehingga baik depan maupun belakang telah dilengkapi piranti rem cakram.

Ninja 250 FI (Ninfi)

Tak cukup dengan Ninja 250 R, 4 tahun kemudian yakni di tahun 2012, suksesornya hadir. Ninja 250 R yang udah keren banget ternyata enggak ada apa-apanya dibanding Ninja 250 FI ini..

ninja250_gn.jpg
Kawasaki Ninja 250 FI / Ninfi (KMI)

Banyak ubahan dari Ninja 250 R yang dilakukan kawasaki dalam menciptakan Ninja 250 FI ini, beberapa diantaranya yang signifikan adalah sebagai berikut:

  • Body sama-sama gambot dan moge look, tapi detail Ninja 250 FI jauh lebih keren.
  • Headlamp 2 dan terpisah. Sedangkan Ninja 250 R juga punya dua lampu utama, tapi letaknya berdampingan sehingga tampak seperti single headlamp.
  • Pengapian bahan bakar telah mengaplikasikan teknologi injeksi, sedangkan Ninja 250 R masih karburator.
  • Ukuran ban Ninja 250 FI lebih besar, depan 110/70-17 dan belakang 140/70-17.
  • Power Ninja 250 FI lebih besar, yaitu 32 PS @11.000 rpm.
  • Tangki bensin sedikit mengecil, Ninja 250 R 18 liter sedangkan Ninja 250 FI 17 liter.
  • Ninja 250 FI sedikit lebih berat, 172 kg dibanding 169 kg.

Isu akan adanya Kawasaki New Ninja 250 telah santer beberapa tahun terakhir. Ada yang bilang bahwa mesinnya akan diupgrade menjadi 250cc 4 silinder, ada juga yang bilang mesin tetap 2 silinder. Spyshoot bentuk body dan headlamp pun beberapa kali berkeliaran di ranah blogsphere roda dua.

Namun sampai tahun 2017 ini, Kawasaki belum melakukan upgrade yang signifikan terhadap Ninja 250 FI, hanya ubahan-ubahan minor. Mungkin salah satu penyebabnya karena sampai saat ini penjualannya masih lebih unggul dibanding kompetitor, Honda CBR250RR dan Yamaha YZF R25 .

So, New Ninja 250??? Sepertinya kita masih harus bersabar :).

In Kawasaki, we trust!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s