Angin segar buat para pemerhati roda dua di Indonesia. Setelah bertahun-tahun hanya disuguhi pertarungan Honda dan Yamaha yang agresif dan merambah semua segmen sepeda motor -dipermanis dengan parade motor sport mahal dari Kawasaki-, kini Suzuki berniat untuk bangkit kembali dan mengejar ketertinggalan dari 3 rival sesama Jepangnya.
Ya.. Merujuk pada berita di koran Kompas, Seiji Itayama selaku Managing Director Suzuki Indomobil Sales (roda dua) mengatakan bahwa Suzuki akan bangkit di tahun 2017. Doi mengakui bahwa Suzuki mengalami kemunduran dan saat ini tertinggal dibanding rival-rivalnya.
Mr. Itayama mengatakan bahwa akan ada 8 produk baru yang akan digelontorkan Suzuki tahun, total 10 bila ditambah dengan GSX-R150 dan GSX-S150 yang sudah resmi diperkenalkan ke publik.
Menurutnya, Suzuki akan merambah semua segmen baik skutik, sport, maupun bebek. Produk yang digelontorkan adalah produk yang benar-benar baru, produk yang mengalami minor change, dan produk yang saat ini telah disuntik mati.
Yuk kita main tebak – tebakan.
Pertama di segmen Bebek.
Jaman dahulu, tentu kita semua -yang generasi tua :V- tahu bagaimana digdayanya Suzuki Shogun pada jamannya. Saat ini banyak yang minta dihadirkan kembali dengan menggandeng mesin Satria FUFI, mesin yang sangat powerful di kelas 150cc. Jadi, menurut gue, Shogun akan dihadirkan kembali.. Let’s see..
Yang kedua, menurut gue Suzuki Satria FUFI yang akan mengalami minor change. Kenapa? Kita lihat, banyak sekali saingan di kelas bebek super 150cc. Sebut saja duo Honda, yaitu Sonic dan GTR 150. Kedua motor ini lebih murah dari FUFI dan menyandang nama besar Honda. Lalu dari kubu Yamaha ada MX King. Andalan Yamaha yang memang selalu diminati oleh konsumen sejak pertama kali keluar (gue ex user Jupie MX juga 😀 ), yang juga harganya lebih murah dari Satria. Memang Satria unggul soal performa, namun ternyata penjualan kurang memuaskan. Nampaknya banyak yang kurang suka dengan desain Satria FUFI, dan juga khawatir akan kelangsungan hidup Suzuki di Indonesia. Nah, selain harus meraih kembali hati konsumen, Suzuki harus mendandani kembali Satria F150 Fuel Injection.
Siapa yang masih ingat Suzuki Smash? Nah, mengisi celah kosong di kelas bebek entry level, kemungkinan Suzuki akan menghidupkan kembali nama besar Smash. Semoga tidak mengecewakan nantinya.
Kedua di Segmen Skutik
Kelas yang paling gemuk pasarnya di Indonesia. Saat ini Address kurang mumpuni melawan kedigdayaan Beat. Padahal pasar terbesar untuk mengais pundi-pundi rupiah ada di kelas ini.
Gue rasa Suzuki akan menghadirkan matik yang siap bersaing di tahun ini.
Maxy scoot saat ini sedang populer dan Nmax belum mempunyai lawan tangguh. Semoga saja Suzuki bermain di kelas ini untuk menghadang laju penjualan Nmax. Mungkin Suzuki Burgman 150 bisa untuk menggebrak pasar.
Lalu satu lagi matik kelas entri level. Feeling gue sih Addres juga bakal dirombak nih sama Suzuki, entah minor change atau bahkan rombak habis-habisan.
Ketiga di Segmen Sport
Suzuki baru saja melaunching Suzuki GSX-R150 yang akan head to head dengan Yamaha R15 dan Honda CBR150R. Di kelas naked, ada GSX-S150 yang akan berhadapan dengan Yamaha Vixion dan Honda CB150R.
Nah, namun Suzuki belum mempunyai produk mumpuni untuk berhadapan dengan Ninja, R25 dan CBR250RR. Di sini, kemungkinan besar Suzuki akan menyiapkan GSX-R250. Tapi semoga bukan produk yang saat ini telah dilaunching di China ya, karena masih menggunakan mesin SOHC. Konsumen dimari sensitif kalau sport dikasih SOHC :V …
Lalu terakhir apa ya kira-kira? Hmm, gue ngikut mbah dukun aja deh, Suzuki V-Storm. Gimana gimanaa??
Kita lihat saja tahun ini, apakah tebakan gue akan sesuai, walaupun sebagian kecil, atau justru mental semua.. Ngoahahaha…
Vstrom hrusnya duluan rilis buat nyaingin versys…hrga diset 55jt….yakin dah calon pembeli versys bkln galau…kalo hrg mefet versys beraaaat…scara ni motor msh sohc
LikeLike
Kalau szk benar benar sdh bangun dari tidurnya…MS hon jadi 25 sd 35 % paling lama sd 2018 akhir…
LikeLike
semoga aja gan,, bosan juga liat honda memonopoli pasar wkwk.. pengennya sih penjualan masing2 pabrikan beda2 tipis aja..
LikeLike
Pingback: Semakin Digdaya, Honda menguasai 77,81% Penjualan Sepeda Motor Nasional | CuapRider