Suzuki Swift 2017, Tampangnya Lebih Maskulin

Suzuki Swift pertama kali masuk ke pasar Indonesia tahun 2005. Sampai dengan tahun 2016,, Swift tidak mengalami perubahan yang fundamental pada desainnya. Hanya beberapa perubahan minor, sekilas sama namun berbeda. Seperti misalnya headlamp.

Tahun 2017, Suzuki kembali merombak desain Swift. Secara siluet, mungkin tidak terlihat perbedaan yang signifikan dengan pendahulunya, namun berbeda halnya jika penampakan utuhnya terlihat. Tampangnya lebih dewasa, lebih maskulin, tidak lagi simple dan cute.

Gambar atas: kiri Swift 2005, kanan Swift 2016

Paling kentara adalah pengaplikasian bentuk bumper. Menurut gue, bentuknya hampir menyerupai Datsun Go. Perubahan lain yang tampak adalah headlampnya yang kini terlihat lebih banyak lekukan dibandingkan dengan versi sebelumnya.

suzuki-swift-759-4.jpg

Terus ke belakang, perbedaan lain yang mencolok adalah handle pintu yang sekarang mengaplikasikan ngumpet style seperti di Nissan Juke dan Honda HRV. Terlihat lebih eksklusif. Berpindah ke bagian belakang, desain buritan pun benar-benar mengalami perubahan yang mudah dibedakan.

suzuki-swift-759-3.jpg

Tak lupa, interiornya pun mengalami perubahan yang signifikan..

suzuki-swift-759-1.jpg

Untuk pasar Jepang, Swift terbaru ini dipersenjatai dengan mesin 1.000cc. Sedangkan untuk pasar Indonesia belum ada kabar, tapi feeling gue sih masih 11-12 lah sama mesin yang sekarang. Kita tunggu aja nanti launching di Indonesia, plus nanti kita bahas fitur-fiturnya kalau udah resmi diluncurkan dimari.

Setelah belasan tahun berkiprah, Swift baru mengalami perubahan yang cukup signifikan, walaupun secara general masih terlihat garis-garis desain versi lama. Berbeda dengan rivalnya, baik Jazz dan Yaris . Jazz sudah mengalami 2 kali perubahan model yang signifikan, benar-benar berbeda dengan pendahulunya. Sedangkan Yaris baru satu kali ganti model, dan perubahannya lebih ekstrim, sangaaaaat berbeda.

Setiap perubahan biasanya menimbulkan pro dan kontra. Menurut gue, perubahan Jazz dan Yaris patut diacuangi jempol karena hadir dengan tampang yang lebih menarik. Nah sedangkan kesimpulan gue akan desain Swift 2017 ini adalah, lebih baik dari Swift generasi pertama tapi kalah indah dibanding generasi kedua (current Swift). Swift lebih cocok dengan tampak cute, bukan maskulin..

Komentar yang sama keluar dari mulut bini gue yang memang penggemar Suzuki Swift sejak pertama kali muncul (karena mirip Mini Cooper 😀 ).. Dia bilang Swift sekarang aneh, lebih cakep yang dulu. Alhasil Swift pun bukan lagi jadi mobil incarannya :V ..

Menurut lu, lebih bagus atau malah sebaliknya bro?

Sumur:
http://starmoz.com/suzuki-swift-2005.html
https://www.otomaniac.com/harga-suzuki-all-new-swift/
http://indianexpress.com/article/auto-travel/cars/new-2017-suzuki-swift-price-features-images-all-you-need-to-know-4459808/

2 thoughts on “Suzuki Swift 2017, Tampangnya Lebih Maskulin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s